Performa Kamera Jadi Andalan Samsung Galaxy A9, Ini Keunggulannya

JawaPos.com – Samsung Indonesia telah resmi merilis produk smartphone teranyarnya, Galaxy A9. Berbekal empat buah kamera utama, pihak Samsung semringah mengatakan bahwa smartphone besutannya itu akan laris di pasaran yang menyasar kalangan muda.

Head of IT and Mobile Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Denny Galant menerangkan, keempat kamera utama yang ada pada perangkat Galaxy A9 akan saling melengkapi untuk kebutuhan angle foto pengguna yang beragam. “Ada lensa untuk wide, tele, depth fokus, dan lensa utama. Ini akan membuat Galaxy A9 berguna untuk beragam momen,” ujarnya di acara peluncuran Galaxy A9 di Jakarta, Rabu (21/11).

Performa kamera Galaxy A9, lanjutnya, bisa diandalkan untuk memotret beragam momen. “Mulai dari liburan dengan latar keindahan alam, detail foto dari kejauhan, dan momen yang menuntut kecepatan fokus. Galaxy A9 mungkin untuk melakukannya,” imbuhnya.

Samsung Galaxy A9, Samsung Galaxy A9 kamera, Samsung Galaxy A9 keunggulanHead of IT and Mobile Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Denny Galant di acara peluncuran Galaxy A9 di Jakarta, Rabu (21/11). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Pada kesempatan yang sama, Travel Photographer Renaldi Ahmad atau familiar dikenal Skinny Monkey ikut menjelaskan keunggulan dari kamera Galaxy A8. Smartphone ini, menurutnya, sesuai untuk market yang dituju yakni generasi milenial yang suka menjepret momen penting nan berharga.

“Samsung Galaxy A9 cocok untuk orang-orang yang suka eksplorasi kemampuan kamera. Dengan hasil yang tetap keren walaupun hanya menjepret lewat smartphone. Perangkat ini cukup mewakili kebutuhan penggunanya,” katanya.

Untuk kebutuhan jeprat-jepret gambar, Renaldi menyebut bahwa pengguna yang ingin mengambil gambar pemandangan bisa menggunakan fitur lensa ultrawide. Apabila ingin mengambil gambar close-up dengan metode zooming, fitur lensa telephoto dengan 2x optical zoom bisa digunakan. Sementara untuk gambar bokeh dengan latar blur kekinian, fitur depth fokus juga bisa diutak-atik pengguna.

Samsung Galaxy A9, Samsung Galaxy A9 kamera, Samsung Galaxy A9 keunggulanEmpat kamera belakang Samsung Galaxy A9. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Seperti diberitakan sebelumnya, Samsung Galaxy A9 dilepas dengan harga Rp 7,999 juta. Dengan harga segitu, Samsung Galaxy A9 dibekali dengan kemampuan kamera utama masing-masing 24 MP (f/1,7) main camera, ultra wide lens 120 derajat 8 MP (f/2,4), lensa telephoto 2x optical zoom 10 MP (f/2,4), dan depth lens 5 MP (f/2,2). Tak hanya andal untuk kamera utama, Samsung Galaxy A9 juga dilengkapi dengan kamera depan sebagai penembak selfie sebesar 24 MP.

Untuk jeroan, Qualcomm Snapdragon 660 dipercayakan untuk mengolah berbagai keperluan pengguna Samsung Galaxy A9. Snapdragon 660-nya disandingkan dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Jika kurang, ruang simpannya masih bisa diekspansi hingga 512 GB menggunakan slot MicroSD.

Lainnya, Samsung Galaxy A9 membawa panel layar berbentang 6,3 inci dengan material Super AMOLED dan resolusi FullHD Plus atau 1.080×2.220 piksel. Masih di area layar, Samsung Galaxy A9 memiliki 80,5 persen screen-to-body ratio aspek rasio 18,5:9. Sementara untuk mendukung kegiatan pengguna, baterai sebesar 3.800 mAh tertanam pada perangkat ini.

(ryn/JPC)