Samsung Ungkap Kehebatan Smartphone Lipat Barunya, Revolusioner Banget

JawaPos.com – Omong-omong soal smartphone lipat belakangan memang tengah hangat. Setelah rumor soal rencana Samsung memperkenalkan teknologi smartphone lipat yang kemudian disusul oleh peluncuran Royole FlexPai sebagai smartphone lipat pertama, kini smartphone lipat Samsung benar-benar diungkap ke publik.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman TheVerge, Jumat (9/11), Samsung akhirnya benar-benar mengungkap tabir soal misteri smartphone lipatnya. Itu dilakukan pada acara berjuluk Samsung Developer Conference yang berlangsung di Moscone Center, San Francisco, Amerika Serikat (AS). Smartphone lipat Samsung benar-benar tampak revolusioner. Salah satunya memiliki teknologi yang dinamai Infinity Flex.

Bicara teknologi, smartphone lipat Samsung sebenarnya hadir dengan dua layar terpisah untuk membuat ponsel pintar yang dapat dilipat. Layar tersebut berada satu di bagian dalam dan satu layar yang lebih kecil di bagian luar. Pada bagian dalam, Samsung menyematkan layar berukuran 7,3 inci dengan resolusi 1.536 x 2.152 piksel.

Samsung, Samsung Smartphone Lipat, Smartphone Lipat SamsungSamsung mengungkap smartphone layar lipat. (Samsung)

Dengan layar seukuran tablet itu, pada bagian tengah ditanamkan material serupa engsel fleksibel yang memungkinkan smartphone dapat dilipat. Jika layar bagian dalamnya ditekuk dan menutup, maka layar kecil di bagian punggungnya akan menyala untuk menampilkan layar kedua pada perangkat tersebut yang disebut sebagai Cover Display.

Seperti penyebutannya (Cover Display), layar tersebut akan berfungsi sebagaimana ukuran smartphone pada umumnya dengan bentang seluas 4,58 inci dengan resolusi 840 x .960. Layar kedua ini juga diapit oleh bezel yang lebih besar di bagian atas dan bawah dibandingkan dengan tampilan internal. Meskipun terlihat sangat gempal, Samsung mengatakan perangkatnya ini akan benar-benar menakjubkan.

Untuk mendukung kinerja smartphone yang dapat dilipat seperti amplop, Samsung turut pula memperkenalkan antarmuka alias user interface (UI) bernama OneUI. Nantinya, OneUI akan digunakan di smartphone layar lipatnya itu. One UI juga disebut-sebut akan mengoptimalkan kinerja perangkat smartphone layar lipat besutan Samsung itu.

Menurut informasi, salah satu kemampuan dari OneUI itu, pengguna nantinya akan dimungkinkan menjalankan tiga aplikasi secara simultan. Adapun fitur ini disebut sebagai fitur Multi-Active Windows.

Bukan hanya sekadar prototipe, smartphone lipat Samsung ini kabarnya juga akan menjadi perangkat komersial alias bakal melenggang ke pasaran. Smartphone itu juga disebut segera masuk tahap produksi massal. Sayangnya, informasi soal kapan peluncuran ke pasar dan berapa harganya belum dapat terungkap. Kita nantikan saja.

(ryn/JPC)