Prancis Tarik Diri dari Konferensi Investasi di Arab Saudi

Wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi hilang sejak 2 Oktober 2018. (Foto: AFP).

Riyadh: Menteri Ekonomi Prancis Bruno Le Maire menarik diri dari konferensi investasi besar di Arab Saudi. Penarikan ini terkait dengan hilangnya wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi.
 
Baca juga: Media Turki Sebut Khashoggi Dimutilasi Hidup-hidup.
 
“Saya tidak akan pergi ke Riyadh minggu depan,” kata Le Maire kepada saluran Senat Publik Prancis, seperti dikutip AFP, Kamis 18 Oktober 2018.
 
“Keadaan saat ini tidak memungkinkan saya untuk pergi ke Riyadh,” imbuhnya.
 
Menteri  Le Marie mengutip pernyataan Presiden Emmanuel Macron pekan lalu tentang menghilangnya Khashoggi, sebagai masalah yang sangat serius.
 
Le Maire adalah salah satu pejabat senior Barat pertama yang menarik diri dari Inisiatif Investasi Masa Depan pada 23-25 ??Oktober di Riyadh. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan dia akan memutuskan pada Kamis apakah akan menghadiri pertemuan tersebut.
 
Beberapa raksasa bisnis dan kelompok media Barat telah menarik diri dari konferensi yang diselenggarakan oleh Yayasan Dana Investasi Arab Saudi.
 
Baca juga: Khashoggi Diduga Dilarutkan dalam Cairan Asam.
 
Khashoggi, yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, lenyap setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Jurnalis yang juga sebagai kontributor The Washington Post ini, mengkritik beberapa kebijakan Arab Saudi.
 
Pejabat Turki mengklaim dia dibunuh dan dimutilasi di konsulat Arab Saudi di Turki. Pelaku pembunuhan diduga sebagai tim pembunuh yang tiba dari Riyadh, sebuah klaim yang ditolak oleh Pemerintah Arab Saudi.

(FJR)